Selasa, 14 Agustus 2012

OASE SPIRITUAL

Dengan pemaknaan  yang porposional dalam konteks rutinitas ritual ramadahan berfungsi sebagai sarana mendekatkan diri kepada allah. dalam konteks sosial ramadhan berfungsi sebagai mediasi seorang sebagai hamba allah melalui distribusi kasih sayang kepada setiap makhluk-nya bukankah salah satu ciri kecintaan kita kepada allah diekspresikan dengan kecintaan kita kepada makhluk-makhluk-nya? ramadhan akan membersihkan diri kita dari debu-debu egoisme pribadi. tidak hanya sekedar membersihkan, ia juga mengisi diri kita dengan rangkaian sepirit kasih sayang.
         ramadhan merupakan sebuah oase bagi kita yang kelelahan untuk menyegarkan spirit kita kembali dengan spirit baru itu, ramadhan mendidik dan melahirkan kita sebagai mujahid-mujahid sosial yang dapat memutus mata rantai kemiskinan, dendam membara, rasa sakit hati, bahkan iri dan dengki. mata rantai dari berbagai penyakit psikologis dan sosial itu diubah menjadi sifat- sifat mulia.
         selalu memaafkan dan humanis. diri kita diarahkan untuk memungut kembali serpihan-serpihan persaudaraan yang tercecer untuk kemudian dihimpun dalam sebuah ikatan kebersamaan yang kokoh.
rasa senasib dan dan sepenanggungan merupakan titik tekan yang utama dalam ikatan kebersamaan tersebut. ikatan kebersamaan itulah yang akan mengisi relung kalbumasyarakat dengan berbagai kebahagiaan. engan mencintai sesama, berarti kita mencintai allah. sikap tak acuh terhadap sesama berarti kaita tidak mengacuhkan allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar